fbpx

BUKU 100% ORIGINAL. DISKON HINGGA 30%

Ringkasan Buku Lima Bahasa Kasih

Buku Lima Bahasa Kasih (The 5 Love Languages) ini  ditulis oleh Gary D. Chapman seorang konsultan ahli perkawinan. Ia lahir 10 Januari 1938, di China Grove, Carolina Utara. Chapman adalah lulusan dari Moody Bible Institute dan meraih gelar Bachelor of Arts (BA) dan Master of Arts (MA) dalam bidang antropologi dari Wheaton College dan dari Universitas Wake Forest. 

Ia juga menerima gelar Master of Religious Education (M.R.E.) dan Doctor of Philosophy (Ph.D.) dalam pendidikan orang dewasa dari Southwestern Baptist Theological Seminary.

lima bahasa cinta

Buku Lima Bahasa Kasih versi Indonesia

Ringkasan buku Lima Bahasa Kekasih dalam 4 kalimat.

1. Ada berbagai cara untuk mengkomunikasikan cinta, penghargaan, dan dorongan kepada pasangan.

2. Seorang individu akan menghargai bahasa tertentu lebih dari yang lain.

3. Komunikasi cinta dan penghargaan yang paling efektif terjadi ketika pesan terkirim dalam bahasa kekasih yang paling dihargai oleh pasangan anda. 

4. Begitu anda mengenali dan belajar berbicara bahasa kasih paling utama dari  pasangan anda, anda akan menemukan kunci pernikahan yang tahan lama dan penuh cinta.

Penulis menyimpulkan bahwa ada lima bahasa kasih dalam memahami cinta. 

Lima gagasan besar dalam buku ini

#1

Ketika anda jatuh cinta, anda percaya bahwa hubungan cinta anda akan bertahan selama-lamanya. Akan tetapi, setelah hubungan anda berjalan, anda akan sampai dalam sebuah perjalanan nyata.

#2

Anda merasa bahwa ternyata hubungan cinta anda bisa berakhir dengan dua kemungkinan atau pilihan. Pilihan pertama, anda menjalaninya dengan kesimpulan bahwa hidup anda akan menyedihkan. Pilihan kedua, anda memutuskan untuk bercerai dan menjalin cinta dengan pasangan baru anda.

#3

Siklus ini akan berulang, sampai akhirnya anda menemukan pilihan ketiga. Apa pilihan ketiga tersebut?

#4

Anda dan pasangan anda saling mengenal pengalaman cinta secara apa adanya, dan mengetahui bahasa kasih anda berdua. Ketika itulah anda akan menemukan cinta sejati dengan pasangan anda.

#5

Tidaklah sulit mengenali bahasa kasih pasangan anda. Mengenali keluhan pasangan adalah indikator paling kuat dari bahasa kasih paling utama. Tidak ada yang lebih kuat daripada mencintai pasangan bahkan ketika pasangan anda tidak memberi respons secara positif.

Baca juga:  Ringkasan buku Atomic Habits

Apa itu lima bahasa kasih

1. Kata-kata penegasan (Words of Affirmation)

2. Waktu yang berkualitas (Quality Time)

3. Menerima hadiah (Receiving give)

4. Tindakan pelayanan (Acts of Service)

5. Sentuhan fisik (Physical Touch)

buku-lima-bahasa-kasih

versi asli (sumber amazon.com)

Menurut Chapman fondasi utama bahasa kasih adalah cinta.  Menjaga tangki cinta dalam pernikahan merupakan hal sangat penting, seperti menjaga level ketinggian oli dalam tangki mobil anda.

Ketika tangki cinta emosional pasangan anda penuh dan dia akan merasa aman dalam cinta anda. Seluruh dunia terlihat cerah dan pasangan anda akan bergerak untuk mencapai potensi tertinggi dalam hidupnya.

 

#1- Bahasa cinta: Kata-kata penegasan (Words of Affirmation)

Pujian verbal, atau kata-kata penghargaan, adalah penghubung cinta yang kuat.

Bagi sebagian orang merasa sangat senang ketika mendengar pujian ini dari pasangannya. Berarti bahasa cinta mereka adalah kata-kata penegasan.  Mereka ingin mendengar kata-kata penguatan yang positif dari pasangannya. Memberikan pujian verbal adalah salah satu cara untuk mengungkapkan kata-kata penegasan kepada pasangan anda. Istilah lainnya adalah kata-kata penyemangat.

Terkadang kata-kata kita mengatakan satu hal, tetapi nada suara kita mengatakan hal lain.

“Cinta adalah pilihan dan tidak bisa dipaksakan.”

Setiap dari kita harus memutuskan setiap hari untuk mencintai atau tidak mencintai pasangan kita. Jika kita memilih untuk mencintai, maka mengungkapkannya dengan cara yang diminta pasangan kita akan membuat cinta kita paling efektif secara emosional.

#2. Bahasa kasih: Waktu yang berkualitas (Quality Time)

Jika bahasa cinta utama pasangan anda adalah waktu yang berkualitas, pasangan anda hanya menginginkan anda, bersama mereka, menghabiskan waktu.

Menghabiskan waktu bersama pasangan dalam kegiatan yang sama menunjukkan bahwa anda peduli satu sama lain. Anda menikmati kebersamaan dengan melakukan sesuatu bersama-sama.

Dengan percakapan berkualitas dan dialog simpatik antara dua individu anda bisa berbagi pengalaman, pikiran, perasaan, dan keinginan dalam konteks yang bersahabat dan tidak terputus.

Baca juga:  Cara meringkas buku super efektif

Kata-kata penegasan fokus pada apa yang kita katakan, sedangkan percakapan berkualitas berfokus pada apa yang kita dengar.

Kita harus bersedia memberikan nasihat tetapi hanya jika diminta dan tidak pernah dengan cara yang merendahkan.

#3. Bahasa kasih: Menerima hadiah (Receiving give)

Kehadiran fisik di saat krisis adalah hadiah paling kuat yang dapat anda berikan jika bahasa cinta utama pasangan anda adalah menerima hadiah.

Orang yang suka menerima hadiah mungkin tampak materialistis, tetapi ini belum tentu benar. Menerima hadiah telah menjadi bagian dari budaya di masa lalu dan hanyalah cara untuk menempatkan cinta anda ke dalam sesuatu yang dapat anda lihat. 

Hadiah bisa datang dalam berbagai bentuk apakah harganya mahal, tidak ada biaya sama sekali, dibeli dari toko, atau bahkan dibuat dengan tangan. Seringkali, hadiahnya sendiri tidak terlalu penting, sebaliknya, tindakan memberilah yang paling penting.

Misalnya, jika pasangan anda berbicara dalam bahasa hadiah, setiap hadiah yang anda berikan akan beresonansi sebagai representasi fisik dari cinta anda. 

Nilai uang tidak terlalu penting, sebaliknya, proses memikirkan hadiah, pergi keluar untuk membeli atau membuatnya, dan akhirnya menyajikan hadiah itulah yang membuat orang tersebut merasa istimewa dan dicintai.

#4. Bahasa cinta: Tindakan pelayanan (Acts of service)

Mungkin pasangan Anda secara konsisten meminta Anda untuk mencuci piring, melipat pakaian, atau mengisi bahan bakar mobil. Jika demikian, bahasa cinta pasangan anda mungkin adalah tindakan melayani. 

Menyelesaikan tindakan pelayanan berarti melakukan hal-hal untuk pasangan anda yang tidak membutuhkan banyak waktu, tetapi memiliki kekuatan untuk membuat dampak positif yang besar pada pernikahan anda.

Tindakan pelayanan harus dipilih, bukan dipaksakan. Saat menentukan tindakan pelayanan, anda mungkin perlu menyesuaikan keyakinan anda tentang peran gender tradisional. 

Misalnya, melakukan pekerjaan rumah dan membesarkan anak bukan hanya tugas perempuan. Kadang seorang suami malu menjemur baju di luar. Sebagai gantinya, ia bisa membantu mengucek baju di kamar mandi.

Baca juga:  Review Antologi Puisi Bukan Malin Kundang

#5. Sentuhan fisik (Physical touch)

Sentuhan fisik sering membawa kesenangan bagi anda dan juga akan membawa kesenangan pasangan anda. Kesalahan umum yang dilakukan banyak pria adalah menganggap bahwa sentuhan fisik adalah bahasa cinta utama pasangannya karena laki-laki lebih  menginginkan hubungan seksual.

Penelitian membuktikan pentingnya dampak sentuhan fisik pada yang sering digendong dan dicium dibandingkan dengan mereka yang tidak. Mereka yang mengalami lebih banyak sentuhan fisik menjalani kehidupan emosional yang lebih sehat. 

Pasangan anda juga mendambakan sentuhan fisik yang sama seperti ketika dia masih bayi. Jika bahasa cinta pasangan anda adalah sentuhan fisik, anda dapat dengan mudah berkomunikasi melalui tindakan sederhana seperti ciuman dan berpegangan tangan atau bahkan melalui tindakan seperti hubungan seksual. 

Anda bisa juga berkomunikasi melalui tindakan yang lebih kompleks seperti memberikan pijatan yang membutuhkan investasi waktu. Pada akhirnya, mempelajari bagaimana pasangan anda ingin menerima sentuhan fisik adalah penting dalam berbicara bahasa pasangan anda.

Demikian ringkasan buku Lima Bahasa Kasih (The 5 Love Languages) karya Gary D. Chapman.

Pertanyaan anda berikutnya adalah bagaimana mengenali bahasa kasih atau bahasa cinta pasangan anda? Jawabannya ada di dalam buku aslinya.

Di mana anda bisa mendapatkan buku ini?

Saya merekomendasikan anda membeli buku ini di Sophee dan Tokopedia, karena kedua marketplace tersebut sudah tidak asing bagi anda. Anda mengenalnya sebagai marketplace yang sudah terjamin dan terpercaya.

Tingkat penjualan dan rating

>> Di Sophee  (terjual 384 exemplar, rating 4.9, produk original, dan dapatkan gratis ongkir)

>>  Di Tokopedia  (terjual 49 exempar, bintang 5, produk original)

Ini berarti buku The 5 Love Languages ini sangat populer dan memberikan inspirasi kepada banyak pasangan. Bukankah anda juga bisa menjadikannya sebagai hadiah kepada saudara dan sahabat anda.

Jika anda mungkin memerlukan buku lainnya, silakan kunjugi Buku Tajug.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Layanan konsumen kami ada disini untuk menjawab semua pertanyaan kamu.
👋 Hallo, apa yang bisa saya bantu?