fbpx

BUKU 100% ORIGINAL. DISKON HINGGA 30%

Cara meringkas buku super efektif

Cara meringkas buku diberikan di bawah ini. Apakah dosen atau guru anda memberi tugas secara berkala membuat ringkasan buku atau review buku yang anda baca? Jika memang demikian, anda perlu mencoba melakukannya sendiri. Jangan terburu-buru meminta bantuan orang lain atau copy paste dari internet.

cara meringkas buku

Anda bisa belajar membuat summary buku dari berbagai sumber baik offline maupun online. Salah satunya adalah blog ini. Anda mungkin sedikit beruntung bisa mampir di blog ini untuk mengetahui teknis merangkum buku dan kemungkinan menggunakan ilmu ini bisa anda jadikan peluang membuat uang.

Untuk pertama kalinya merangkum buku, anda mungkin kurang percaya diri. Tak apa. Merangkum buku memang membutuhkan skill dan latihan terus-menerus. Tenang saja. Jika anda sudah berhasil meringkas  satu atau dua judul, selanjutnya anda akan melakukannya dengan mudah dan benar.

Cara meringkas buku super efektif

Membaca buku adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan kita. Namun, kadang-kadang kita tidak memiliki waktu untuk membaca buku dari awal sampai akhir. Dalam situasi seperti ini, meringkas buku menjadi pilihan yang baik. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara meringkas buku dengan efektif.

Pertama, sebelum memulai proses meringkas, pastikan untuk memahami tujuan dan tema dari buku yang akan kamu ringkas. Ini akan membantu kamu untuk fokus pada bagian-bagian penting dari buku dan mengurangi risiko kamu melewatkan informasi penting.

Kedua, saat membaca, jangan ragu untuk menandai atau mencatat bagian-bagian penting dari buku. Ini akan membantu kamu untuk mengingat informasi penting dan mengurangi risiko kamu kehilangan informasi saat proses meringkas.

Ketiga, saat meringkas, fokus pada inti dari setiap bab atau bagian dari buku. Ini akan membantu kamu untuk mengerti keseluruhan buku tanpa harus membaca setiap kalimat. Fokus pada ide utama dan kesimpulan dari setiap bab.

Baca juga:  Cara Menulis Cerita Fantasi: Panduan Langkah demi Langkah

Keempat, gunakan teknik skimming dan scanning. Skimming adalah proses membaca dengan cepat di mana kamu hanya memperhatikan judul, subjudul, dan kalimat penting. Sedangkan scanning adalah proses membaca dengan cepat di mana kamu hanya memperhatikan informasi yang spesifik yang kamu cari. Kedua teknik ini akan membantu kamu untuk menemukan informasi penting dengan cepat.

Kelima, saat meringkas, jangan ragu untuk membuat ringkasan yang singkat dan padat. Ini akan membantu kamu untuk mengingat informasi penting dengan lebih mudah.

Sekian cara meringkas buku yang efektif. Ingatlah untuk selalu memahami tujuan dan tema dari buku yang akan kamu ringkas, menandai atau mencatat bagian-bagian penting, fokus pada inti dari setiap bab, menggunakan teknik skimming dan scanning, dan membuat ringkasan yang singkat dan padat. Dengan melakukan hal-hal ini, kamu akan dapat meringkas buku dengan efektif dan meningkatkan pengetahuan dan wawasanmu.

Mempelajari lebih banyak tentang cara meringkas dan mereview buku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Layanan konsumen kami ada disini untuk menjawab semua pertanyaan kamu.
👋 Hallo, apa yang bisa saya bantu?