fbpx

BUKU 100% ORIGINAL. DISKON HINGGA 30%

Ringkasan buku Atomic Habits

Ringkasan buku  Atomic Habits ini membahas bahwa kebiasaan-kebiasaan kecil sehari-hari dapat memiliki dampak yang luar biasa pada hidup anda dan masa depan anda. Secara harfiah judul buku Ringkasan Buku – Atomic Habits ini bisa diterjemahkan menjadi ‘Kebiasaan Atom’ atau ‘Kebiasaan Kecil’. 

Buku ini ditulis oleh James Clear, seorang penulis, pengusaha dan Ahli Ilmu Perilaku (Behavior Science Expert). Dia juga pembicara yang berfokus pada kebiasaan, pengambilan keputusan, dan perbaikan terus-menerus. Dia adalah penulis no. 1 Buku terlaris New York Times, Atomic Habits, yang ringkasannya sedang anda baca ini.

ringkasan buku atomic habits

Mari kita mulai dengan membuat ringkasan buku Atomic Habits ini dalam 4 kalimat.

1. Kebiasaan adalah tindakan yang bahkan tidak perlu anda pikirkan, itulah sebabnya anda mungkin tidak menyadari bagaimana tindakan kecil setiap hari dapat memiliki efek yang kuat pada hidup anda.

2. Jika anda menabung satu dolar sehari atau merokok sehari, tindakan ini mungkin tidak terlihat banyak sekarang, tetapi dua puluh tahun dari sekarang, kebiasaan itu dapat membuat anda kaya atau, sayangnya, membunuh anda. 

3. Satu persen peningkatan setiap hari berarti anda akan tiga puluh tujuh kali lebih baik daripada sebelumnya, tetapi jika anda menurun satu persen sehari, anda akan menurun hampir nol.

4. Proses pembentukan kebiasaan dapat diklasifikasikan menjadi empat langkah: isyarat, keinginan, respons, dan penghargaan.

ringkasan buku atomic habits

Ringkasan buku Atomic Habits – James Clear

#1 Mengapa Kebiasaan Kecil Dapat Membuat Perbedaan Besar

Ketika berbicara tentang kesuksesan, banyak orang yang fokus pada hal yang salah. Mereka fokus pada tujuan akhir mengabaikan proses perjalanan yang diperlukan untuk sampai ke sana.

Mereka percaya keputusan besar akan membawa mereka ke tujuan akhir. Namun, ini tidak bisa jauh dari kebenaran. Faktanya, satu persen peningkatan setiap hari berarti anda akan tiga puluh tujuh kali lebih baik daripada sebelumnya, tetapi jika anda menurun satu persen sehari, anda akan menurun hampir nol. 

Biasanya anda tidak melihat perubahan kecil karena dampaknya tidak langsung terlihat. Dampaknya mungkin tidak terlihat selama berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun, tetapi hasilnya bisa sangat besar di masa depan.

Dengan kata lain, kebiasaan kecillah yang penting dan yang membuat perbedaan terbesar.

#2 Bagaimana Kebiasaan Dibentuk

Untuk mengubah kebiasaan kita, pertama-tama kita harus memahami bagaimana kebiasaan terbentuk. Dalam Ringkasan Buku Atomic Habit ini penulis menunjukkan bahwa proses pembentukan kebiasaan dapat diklasifikasikan menjadi empat langkah, yaitu: isyarat, keinginan, respons, dan penghargaan atau hadiah.

Baca juga:  Review Antologi Puisi Bukan Malin Kundang

Alur kebiasaan ini dapat diterapkan pada banyak kebiasaan yang anda selesaikan setiap hari. Misalnya menyikat gigi di pagi hari. Isyarat anda mungkin makan sarapan atau minum kopi, memicu keinginan untuk merasa segar dan bersih. Respons anda adalah menuju ke wastafel kamar mandi dan menyiapkan sikat gigi anda. Hadiah anda adalah mulut yang terasa segar dan membuat anda siap menjalani hari anda.

Mari anda lihat kembali bagaimana anda dapat mulai menciptakan kebiasaan yang lebih baik.

#3 Buatlah Jelas

Buku Atomic Habits ini memberikan salah satu satu contoh sederhana. Ketika datang isyarat, misalnya minum kopi, kita diminta untuk memeriksa pesan menyikat gigi. Begitu anda memahami bagaimana tindakan kita dapat dipengaruhi oleh rangsangan tertentu, anda dapat mempelajari cara memanipulasi isyarat anda untuk menerapkan kebiasaan yang lebih baik.

Katakanlah anda ingin membuat kebiasaan berlatih gitar. Anda enggan untuk berlatih jika anda menyimpan gitar anda di dalam kotak di lemari anda. Sebaliknya, anda harus meletakkan https://bukutajug.com/product/keyboard-the-best-instruction/ di tempat yang mudah terlihat, seperti di tengah ruangan. 

Ingin berolahraga lebih banyak? Cukup keluarkan pakaian olahraga dan sepatu kets anda pada malam sebelumnya sehingga ketika anda bangun, anda dapat melihatnya!

#4 Jadilah Menarik

Setiap hari kita dibombardir dengan iklan yang bertujuan membuat pakaian, makanan, perlengkapan rumah tangga, apa saja menjadi lebih menarik.

Hal yang sama dapat diterapkan pada kebiasaan kita. Semakin menarik sesuatu, semakin besar kemungkinan kita akan mengadopsinya sebagai kebiasaan.

Tentu saja, beberapa aktivitas yang membuat kita merasa baik belum tentu baik untuk kita.

Caranya sederhana. Anda bisa jogging dengan mendengarkan lagu favorit anda dengan menggunakan headset. Atau, cukup mengunduh acara favorit anda untuk ditonton saat di treadmill. Bisa juga menghadiahi diri anda sendiri dengan Netflix setengah jam setelah mencapai beberapa tujuan kerja adalah cara untuk membuat kebiasaan anda lebih menarik.

#5 Buat Mudah

Cara terbaik untuk menghentikan kebiasaan buruk adalah dengan membuatnya tidak praktis untuk dilakukan. Misalnya, jika anda ingin menghentikan kebiasaan menonton TV saat pulang kerja, maka cabut kabel televisi dan cabut baterai ke remote. 

Baca juga:  Ringkasan Buku Lima Bahasa Kasih

Anda akan jauh lebih kecil kemungkinannya untuk melalui upaya menyalakan TV dan menghabiskan waktu anda untuk membentuk kebiasaan baru yang lebih sehat.

Cara lain untuk membuat pembentukan kebiasaan menjadi mudah adalah melalui aturan dua menit. Dasar aturannya adalah memulai dari yang kecil dan membuat kebiasaan itu mudah untuk dimulai. 

Misalnya, alih-alih mengatakan, “Saya perlu melakukan yoga selama tiga puluh menit,” katakan pada diri sendiri, “Keluarkan matras yoga saya.” Dengan memecah kebiasaan menjadi langkah-langkah sederhana, anda membuat kebiasaan lebih mudah dibentuk yang berarti anda akan cenderung membentuk kebiasaan jangka panjang.

#6 Membuatnya Memuaskan

Langkah terakhir untuk membuat kebiasaan jangka panjang adalah membuatnya memuaskan. Seringkali, orang terlalu fokus untuk menemukan cara terbaik sehingga mereka tidak pernah mengambil tindakan. Mereka meneliti, merencanakan, dan menyusun strategi, tetapi tidak pernah bertindak berdasarkan kebiasaan yang ingin mereka ciptakan.

Mengapa? Karena mereka tidak segera mendapatkan hasil yang memuaskan setelah melakukan pekerjaan tersebut. Jadi, usahakan setelah melakukan kebiasaan baru, anda membuatnya memuaskan.

Contoh, penulis dan teman-temannya ingin menghilangkan kebiasaan makan di luar agar hidup mereka lebih sehat dan lebih hemat. Untuk melakukannya, mereka membuka rekening tabungan yang diberi nama “Perjalanan ke Eropa,” dan setiap kali mereka menghindari makan di luar, mereka mentransfer $50 ke rekening tersebut. 

Melihat uang masuk ke tabungan, mereka menciptakan rasa kepuasan langsung, sehingga mendorong mereka untuk mempertahankan kebiasaan itu. Mereka membuat kebiasaan mereka memuaskan, dan akhirnya, mereka melihat imbalan jangka panjang ketika mereka menyimpan cukup uang untuk memesan perjalanan mereka.

#7 Pentingnya Pelacakan Kebiasaan

Menendang kebiasaan buruk dan menerapkan yang baik bisa jadi sulit. Meskipun membuat kemajuan itu memuaskan, terkadang kepuasan itu tertunda, menyebabkan kita menyerah pada kebiasaan sehat itu. 

Ada cara untuk mengukur kemajuan anda secara visual (bisa dilihat) yaitu dengan menerapkan pelacakan kebiasaan.

Teknik yang paling sederhana adalah dengan menggunakan kalender untuk mencoret ketika anda menyelesaikan kebiasaan sehari-hari yang anda inginkan. Ketika anda melacak kebiasaan anda melalui kalender atau buku harian, anda akan menemukan bahwa anda lebih mungkin untuk mematuhi kebiasaan tersebut. 

Baca juga:  3 Buku Inspiratif Untuk Sukses dan Kebahagiaan

Pelacakan tidak hanya jelas dan menciptakan ukuran visual dari kemajuan anda, tetapi juga merupakan kebiasaan yang menarik dan memuaskan. 

Penelitian juga menunjukkan bahwa kebanyakan orang yang melacak kemajuan mereka pada tujuan seperti penurunan berat badan, menurunkan tekanan darah, dan berhenti merokok lebih mungkin untuk meningkatkan daripada mereka yang tidak melakukan pelacakan.

#8 Ringkasan akhir

Sementara banyak orang percaya bahwa membuat perubahan besar adalah kunci sukses, hal-hal kecil yang kita lakukan setiap harilah yang memiliki dampak terbesar dalam hidup kita. 

Kebiasaan kecil kita sehari-hari akan mempengaruhi kita menjadi orang di masa depan, jadi sangat penting bagi kita untuk mengadopsi kebiasaan sehat untuk memastikan kita berumur panjang, hidup sukses. 

Tentu saja, ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan karena membentuk kebiasaan baru bisa sangat sulit. Untungnya, ada banyak tips dan trik untuk membantu anda menerapkan kebiasaan baru hari ini. Empat hukum pembentuk kebiasaan termasuk membuatnya jelas, menarik, mudah, dan memuaskan. 

Apa yang menarik dari buku Atomic Habits

Buku ini tidak sekedar menuliskan pengetahuan belaka, tetapi memberikan langkah-langkah praktis yang bisa anda praktekkan setiap hari.

Langkah praktis tersebut akan semakin jelas jika anda membaca langsung buku ini. Di sana anda menemukan banyak sekali contoh dan metode yang lebih luas dan jelas.

Di mana anda bisa membeli buku Atomic Habits.

Anda bisa membeli buku ini di marketplace besar seperti Shopee atau Tokopedia. Di sana kenyamanan dan keamanan berbelanja anda sangat terjamin.

Best seller dan rating tinggi

Link di bawah ini mungkin bisa membantu anda untuk mendapat toko buku yang telah berhasil menjual buku Atomic Habit dengan sangat memuaskan pelanggan.

>> Shopee, toko ini berhasil menjual 9 ribu, rating bintang 4.9, buku orisinil, ulasan positif, dan anda bisa mendapatkan ongkir gratis.

>> Tokopedia, toko ini berhasil menjual 4 ribu, rating 5 bintang, buku orisinil, ulasan positif, ada cashback)

Semoga ringkasan buku Atomic Habits karya James Clear ini bisa menambah wawasan anda. Selamat membaca.

Jika anda ingin membaca buku-buku bermutu lainnya anda bisa mengunjungi Toko Buku Tajug. Anda bisa langsung menghubungi kami via WhatsApp. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Layanan konsumen kami ada disini untuk menjawab semua pertanyaan kamu.
👋 Hallo, apa yang bisa saya bantu?